Wednesday, November 16, 2011

hanya di korea saya....

Beli air mineral seharga 8000 rupiah 1 botol kecil. lalu saya pakai buat cebok

Thursday, October 06, 2011

levitation photography

ngeliat foto2 temen2 di google plus, plus ngeliat blog ini http://www.yowayowacamera.com/ ,jadi pengen bikin juga foto yang keliatannya kayak ngambang gitu. teknik yang temen2 lakukan di google plus adalah dengan 'jump and shot' (istilah saya karang sendiri). jadi orangnya loncat trus difoto deh waktu di udara. nah sangat sulit bagi saya untuk melakukan itu karena respon dari kamera saya sangat lambat, maklum kamera saya hanya kamera digital biasa. jadi saya memutuskan untuk pakai teknik cloning. caranya adalah dengan mengambil gambar 2 kali, yaitu gambar background kosong, lalu gambar saya dengan ditopang oleh sesuatu. lalu dengan menggunakan editor foto saya bisa menghapus penopang sehingga saya akan terlihat mengambang. berikut ini adalah hasil yang saya telah dapatkan
eh iya 1 lagi nih , hasil coba jump and shot nya. keliatan kayak lagi nongkrong di pemanas :P

Monday, October 03, 2011

blogspot

ini blogspot jadi berubah gini tampilannya., wkwkkwkw

Saturday, September 03, 2011

suddenly

tiba-tiba gw dapet nilai buruk pada suatu permainan yg gw sendiri ga tau gw dalam permainan itu, gw ga tau rule nya, gw ga tau seperti apa untuk dapet nilai bagus di permainan ini.

lalu gw dicompare sama orang lain yg nilainya jauh lebih baik dan dibilang bahwa nilai gw tuh jauh banget di bawah dia, ohohooho.

so saat ini cuma bisa belajar aja tentang permainan ini. coba main pelan2.

Friday, August 26, 2011

jakarta

kemarin sekitar pukul 1 malam aku tiba lagi di jakarta, entah apa agendaku di sini, mungkin kangen2an sama keluarga, setelah 1.5 tahun tidak bertemu. bertemu teman2 lama, dan lain2.

mestinya ada tugas penting dan ide-ide segar yang aku harus selesaikan di sini. mudah2an semuanya bisa jalan sesuai rencana(emang ada?).

Wednesday, July 27, 2011

mentalitas para nabi

sebuah perenungan dan pemikiran saya.

bagaimanakah rasanya menjadi seorang nabi, saat seluruh dunia bilang ke kamu, bahwa kamu salah, tapi kamu tetap maju, dan yakin dengan sangat, bahwa kamu benar.

saat seluruh dunia bilang, hentikanlah apa yang kamu lakukan, kamu itu sungguh gila, tidak waras, tidak masuk di akal, tapi kamu tetap maju dengan apa yang kamu yakini.

so, kalo yakin dengan sesuatu, lakukanlah, yakinilah, ga usah takut orang mikir kayak apapun.

walaupun dunia bilang saya salah, tapi setidaknya saya punya identitas, berani mengakui siapa saya.

~ngomong doang, padahal blom tentu dilakukan :) . let us see

Thursday, July 07, 2011

don't worry

don't worry,
I will be back
as a new me

Saturday, July 02, 2011

yey pertama kali

yey, pertama kali artikel gw masuk ke koran online, moga lain kali bisa nulis yg rada mendingan.

check this out:

http://www.republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/kabar/11/07/01/lnnpwa-perpika-gunakan-sistem-online-untuk-pilih-ketua-umum


skrinsut

satu tambah satu berapa?

"satu tambah satu berapa?"

ya begitulah biasanya saya bertanya untuk mengetes kualitas dari voice chat, saya menanyakan hal-hal yang trivial untuk kebanyakan orang. tapi anehnya jarang sekali ada yang menjawab benar. biasanya orang yang saya tanya itu menjawab 11, 10, 3, 5 atau angka-angka aneh lainnya.

entah mengapa jarang yang jawab 2.

Saturday, June 04, 2011

you

so why sad?

Tuesday, May 31, 2011

barang-barang

Ini adalah pemodelan sederhana dari dunia nyata.

Perkenalkan dulu tokoh2nya, A, B dan I.

A suka membeli barang-barang baru,
B suka membeli barang-barang second,

I adalah perusahaan yang mengeluarkan produk baru P setiap tahun. dengan harga P yang sama atau hampir sama dengan tahun sebelumnya, hanya saja modelnya lebih baru dan lebih canggih.

Pada tahun 1, A membeli P1 seharga X
pada tahun 2, A menjual P1 ke B seharga X/2, lalu membeli P2 seharga X
pada tahun 3, A menjual P2 ke B seharga X/2, lalu membeli P3 seharga X

dan begitu seterusnya.

Setiap tahun A mengeluarkan uang sebanyak X/2 kecuali di tahun pertamanya (X)
Setiap tahun B mengeluarkan uang sebanyak X/2 kecuali di tahun pertamanya (0)

pada tahun ke T A mengeluarkan uang sebanyak X+(T-1)*X/2
pada tahun ke T B mengeluarkan uang sebanyak 0+(T-1)*X/2

perbedaan uang pengeluaran dari A dan B hanyalah X, tetapi A selalu mendapatkan barang yang up to date, sedangkan B mendapat barang yang kurang up to date.

Wednesday, May 11, 2011

happy

happy happy, untuk yg ultah hari besok, moga panjang umur.

Friday, May 06, 2011

mengubah dokumen pdf menjadi dokumen microsoft word (doc)

Untuk mengubah dokumen pdf ke word (doc) bisa menggunakan aplikasi berikut ini [0] [1]

aplikasi [0] adalah aplikasi trial yang jika tidak diaktifkan hanya akan bisa mengubah 5 halaman pertama dari suatu dokumen, sementara aplikasi [1] bisa mengubah seluruh halaman, namun kualitas hasilnya masih kalah dibanding aplikasi [0]

ada alternatif lain yaitu gunakan layanan online ini [2]

[0] http://download.anypdftools.com/cbs_down/AnyBizSoft-PDF-Converter_full755.exe
[1] http://www.hellopdf.com/download.php
[2] http://www.pdftoword.com/

Thursday, May 05, 2011

value and action

orang hidup didunia ini melakukan tindakan sesuai keinginannya, tapi biasanya tindakan tersebut didasarkan pada suatu nilai yang ingin dicapai oleh orang tersebut.

saat usia seseorang masih anak-anak (masih kecil gitu) maka dia tidak memiliki nilai nilai tersebut, oleh sebab itu tugas orang tua lah untuk menanamkan nilai-nilai yang baik ke anak tersebut, agar tindakan-tindakan sang anak menjadi baik sesuai nilai nilai yang diberikan.

saat seseorang sudah dewasa, dia dianggap telah memiliki nilai-nilai yang dia anut, walaupun masih bisa berubah sih, tapi kebanyakan sangat sulit untuk mengubah nilai-nilai itu.

yang perlu diperhatikan di sini adalah nilai-nilai yang dianut oleh seseorang itu bisa jadi sangat berbeda dengan nilai yang dianut oleh orang lain.

sehingga perbuatan yang tidak baik bagi seseorang, bagi orang lain bisa saja bermakna baik.

Friday, April 29, 2011

mari kita buat jaringan telekomunikasi milik rakyat

Mari kita buat, jaringan telekomunikasi milik rakyat.
agar bisa menjangkau ke seluruh tempat.
segala keuntungan yang didapat akan jadi milik rakyat.
agar orang2 mudah mendapat akses internet, akses telepon
dan akses ke informasi dengan harga yang terjangkau.

asik kali ya, kalo rakyat punya BTS sendiri, punya operator
handphone sendiri.

~baru bisa ngemeng doang.

Friday, April 22, 2011

telepon

hari ini gw nemu telepon rusak di tempat sampah, daripada sayang ga dipakai akhirnya gw memutuskan untuk memanfaatkan speaker dan mic di gagang telepon yang moga2 masih berfungsi.

langsung aja kasih gambar deh

solder sana sini akhirnya jadi juga.

ini dia


sekarang gw bisa skype sambil merasakan seolah-olah menggunakan telepon asli.

karakteristik transaksi

transaksi adalah sebuah kesatuan instruksi yang mengakses ataupun mengubah data.

misalnya transaksi mengirim uang Rp 50000 dari akun A ke akun B

1. baca(A)
2. A:=A-50
3. tulis(A)
4. B:=B+50
5. tulis(B)

ada beberapa karakteristik dari transaksi yaitu

A Atomicity: atau kesatuan (ke-atom-an) seluruh operasi harus dilaksanakan atau tidak sama sekali. disini transaksi harus dijalankan seutuhnya dan tidak setengah-setengah.

C Consistency: konsistensi, seluruh transaksi yang berjalan harus menjaga konsistensi dari database.

I Isolation. isolasi. walaupun ada beberapa transaksi yang sedang berjalan secara berbarengan, sebuah transaksi harus saling tidak mengetahui satu sama lain. hasil yang masih setengah jadi pada suatu transaksi harus tersembunyi dari transaksi lain.

D Durability, ketahanan, setelah suatu transaksi selesai dengan sukses, perubahan yang dia buat haruslah tersimpan dalam database walaupun terjadi kegagalan sistem.

Friday, April 15, 2011

menyakiti diri sendiri

pernahkah kamu menyakiti diri sendiri?

menggaruk-garuk kulit hingga kemerahan, memotong bagian kulit yang menebal dengan gunting, menggigit dan mengodek-kodek kuku hingga ke bagian dalamnya, dan perlakuan-perlakuan lain yang terdengar menyeramkan dan menyedihkan.

Wednesday, April 06, 2011

baca tulis file tif di java

waktu itu dapat PR untuk histogram equalization di kelas advance visual information processing. dan image contohnya menggunakan tipe file TIF.

awalnya saya sih langsung coba aja membuka image dengan cara biasa

BufferedImage image = ImageIO.read(new File("image.tif"));

tapi ternyata object image selalu null

akhinya saya dapatkan bahwa untuk membuka file tif kita mesti menambahkan library di java (bisa download di sini) [0]

jadi saat run program tambahkan perintah

$ java -cp jai_imageio-1.1.jar;. Histogram

untuk menulis tetap seperti biasa

ImageIO.write(image, "tif", new File("hasil.tif"));

--
sekian

[0] http://dl.dropbox.com/u/2132696/library/jai_imageio-1.1.jar

Thursday, March 31, 2011

tolong menolong

pada suatu hari saya membeli barang-barang di toko alat-alat kantor, setelah memilih barang-barang yang saya butuhkan lalu saya teringat untuk menamai setiap barang dengan tulisan nama saya, oleh sebab itu dibutuhkan 1 buah spidol permanen agar saya dapat menuliskan nama saya di barang-barang tersebut.

sampai sini mungkin terlihat tidak ada apa-apa, lalu saya berfikir, bagaimana caranya agar 1 spidol permanen dapat menulis di dirinya sendiri? hmm, jawabannya adalah dengan membeli 1 buah spidol permanen lagi, sehingga mereka berdua dapat saling menulis satu sama lain.

--
cerita ini hanyalah ilustrasi. bukan kejadian sebenarnya

Wednesday, March 09, 2011

kepercayaan

adalah hal yang bodoh untuk menanyakan "kenapa tidak ada orang yang percaya sama saya?"

karena kepercayaan itu dibangun dari nol lalu pelan-pelan bisa ningkat. tapi anehnya kepercayaan itu akan mudah sekali hancur hanya dengan sedikit kegagalan untuk dipercaya.

Tuesday, March 08, 2011

dunia pasti berputar

barusan dengerin lagu st12 judulnya dunia pasti berputar, yep memang dunia pasti berputar, ada saatnya semua harus berubah, dan saya sebagai salah satu komponen dari dunia ini harus siap menghadapi semua hal yang mungkin terjadi, baik itu hal yang asik-asik maupun hal-hal yang ga asik.

dunia pasti berputar ada saat nya saya rajin banget dalam mengerjakan sesuatu sampai-sampai saya tidak paham akan diri saya sendiri. kok bisa ya saya serajin itu, begitu produktif dan banyak karya yang saya hasilkan, tapi ada kalanya saya sangat malas, bahkan untuk tetap bangun setelah sholat subuh (maunya tidur lagi). dan seharian tidak produktif sama sekali.

eh eh, tapi kan yg berputar itu dunia, bukan sayanya. mustinya dalam keadaan apapun dunia ini, saya tetap rajin, tetep bisa produktif dan ga jadi malas.

Sunday, March 06, 2011

udin: lagu tentang sebuah nama



ini lagu
udin pembukaan

udin ada ada habibi ada ukti majnun
ana... udin majnun

ini adalah lagu tentang sebuah nama
kata orang....

ini lagu tentang sebuah nama
kata orang udin nama kampungan
jadi lagu enak juga didengar
kalau engga percaya
simak dengan seksama

udin yg pertama namanya awaludin
udin yang suka di kamar kamarudin
udin yg hidup di jalanan namanya jalaludin
udin pengembala namanya sapiudin emboooo

udin udin nama mu norak tapi terkenal
udin udin walaupun norak banyak yang suka

udin yang sering ke masjid namanya alimudin
udin yang rajin berdoa namanya aminudin
udin yang agak setres namanya syarafudin
udin yang tidak setres namanya sadarudin

udin udin nama mu norak tapi terkenal
udin udin walaupun norak banyak yang suka

udin yang penjual nasi namanya nasirudin
udin yg suka ke wc namanya tahirudin

udin yang suka nelepon namanya hapepudin
udin yang jadi teroris namanya udin m top

udin udin nama mu norak tapi terkenal
udin udin walaupun norak banyak yang suka

udin yang terakhir namanya akhirudin

Monday, February 21, 2011

launching tutorial arfan

melalui postingan blog ini, saya melakukan peresmian dibukanya tutorial arfan yang bisa di akses secara gratis di http://www.dailymotion.com/tutorialarfan

tutorial ini bertujuan untuk menyimpan segala macam hal yang pernah saya pelajari, mudah2an bisa masuk semua sebelum saya ga bisa ngapa2in lagi.

Saturday, February 19, 2011

top 5 video saya di youtube

Nomor 5:


Nomor 4:


Nomor 3:


Nomor 2:


Nomor 1:

Thursday, February 17, 2011

persembahan

inilah yang bisa kupersempahkan
secangkir kopi, dan sepotong roti dioles mentega
jika hatimu mendingin dari panas yang berkepanjangan
biarlah angin tetap meniup daun-daun hingga berguguran

cahaya mentari datang dari balik bukit
meninggi hingga sampai ke atas kepala
biarlah ia membantuku mencari yang sempat hilang
dari kelamnya pikiranku

2011

fokus-fokus

yep2, fokus2, mari kita fokus,

kalo lagi ngerjain apa2 itu mustinya segala sesuatu yang ga berhubungan harus segera dihilangkan.

inilah ga enaknya kerja di dunia komputer, karena kerjanya musti sama komputer terus, dan ternyata komputer juga adalah media yang penuh dengan godaan2 yang bisa mengalihkan perhatian kita. bentar2 kalo lagi kerja, langsung buka fesbuk,chat2 ga jelas, langsung buka2 video di youtube yang ga jelas, search2 di google dengan query yang aneh2, terus nonton2 video di youtube dan lain sebagainya.

dan semua itu dilakukan lewat 1 media, yaitu komputer, jadi bisa aja gw ada di depan komputer seharian tanpa ada kegiatan yang produktif sama sekali.

yep, tapi seenggaknya gw menyadari, dan ini adalah masalah, yang harus segera bisa gw selesaikan. mulai hari ini, tanggal 17 februari 2011 gw musti bisa fokus.

Wednesday, February 16, 2011

kompas memprotek epapernya

wow, akhirnya kompas memprotek epapernya hwhwhw
sehingga sekarang perlu semacam token untuk membuka image dari kompas

http://content.kompas.realviewusa.com/djvu/Kompas/Kompas/16-Feb-2011/webimages/page0000005_large.jpg?h=7ec5cd6e9aafb5ec4fa0b0ffc88bbf74

tadinya hanya berhenti sampai jpg saja sekarang kita musti menyediakan token agar bisa membuka image tersebut yaitu 7ec5cd6e9aafb5ec4fa0b0ffc88bbf74, saya belum mencoba apakah token ini nilainya akan berbeda2 untuk tiap2 akun user atau sama saja,

tapi menurut pendapat saya tokennya akan sama saja. tapi yang jelas token ini merupakan pemetaan dari tanggal dan nomor halaman dari suatu epaper kompas.

jadi untuk sementara kompas reader saya akan dalam keadaan mati. bisa jadi mati untuk selamanya atau sementara.

thk ya buat yg udah sering buka, silahkan gunakan kompas reader yg resmi epaper.kompas.com

Friday, February 11, 2011

dawai2asmara

dunia film indonesia sedang haus dengan kehadiran film musikal, apalagi film musikal bernuansa dangdut, film dawai-dawai asmara berusaha untuk meredakan sejenak dahaga ini.

bagi anda penggemar film musikal gaya-gaya film india, dan bagi anda penggemar rhoma irama ataupun ridho rhoma, saya recommend untuk nonton film ini. walaupun ceritanya bisa dibilang kurang membekas di hati, tapi film ini cukup menghibur

untuk sinopsis nya silahkan cari sendiri di tempat lain.

Tuesday, February 08, 2011

pendekar alis 3: latihan tendangan

biasanya pendekar alis 3 melatih murid2nya tendangan dengan menggunakan sand sack yang tergantung di langit-langit. tapi hal penting dari latihan ini bukan pada jago atau tidaknya murid-murid dalam hal menendang, melainkan hal lain yang belum pernah terpikirkan sebelumnya oleh murid manapun.

pendekar alis tiga menanamkan dalam diri tiap muridnya untuk hati-hati dalam menendang sandsack karena sandsack tersebut memiliki kekuatan yang berbeda-beda, ada beberapa dari sandsack yang kuat sekali, walau ditendang seperti apapun sandsack tersebut tidak akan bocor ataupun pecah, namun ada juga sandsack yang sangat mudah rusak pecah dan bocor jika kekuatan menendangnya tidak pas.

"jangan ada lagi sandsack yang pecah" begitu kata pendekar alis 3

Sunday, February 06, 2011

bisakah dilakukan: tukeran tmoney

Si A sedang berada di stasiun s(A), si B sedang berada di stasiun s(B)

si A ingin pergi ke stasiun s(B) si B ingin pergi ke stasiun s(A)

si A dan B perlu biaya X, dimana X lebih besar dari tarif minimal naik subway,

total biaya yang harus dikeluarkan adalah 2X.

jika ada cara untuk A dan B sehingga A bisa mendapatkan tmoney nya si B, maka biaya yang harus dikeluarkan oleh A dan B adalah 2 kali tarif minimal di subway.

~ide aneh lagi muncul

Saturday, February 05, 2011

mengukur kekhusyuan sholat dengan kinect

Aplikasi ini adalah aplikasi terbaru dan inovatif, berguna untuk mengukur seberapa khusyu kita dalam melakukan sholat, aplikasi ini dapat mengetahui berapa lama anda berdiri, ruku, sujud, duduk tahiyat awal, akhir dan lain sebagainya.

dan dengan menggunakan parameter2 tersebut kita bisa mengetahui tingkat kekhusyuan dalam melakukan sholat.



cukup nyalakan aplikasi lalu arahkan kamera ke arah anda saat anda sedang sholat, tegak lurus dengan posisi anda sholat, aplikasi akan otomatis mencatat gerakan2 anda saat sholat.

Friday, February 04, 2011

snowboard di vivaldi park

walaupun memulai liburan sol nal ini dengan hal2 yang kurang baik, tapi tetep dapet kesempatan main snowboard.


mungkin lain kali bisa coba main ski, soalnya snowboard udah rada bisa, tapi blom lancar sih.

Monday, January 24, 2011

jika saja

jika saja ini semua tak ada

jujur dan bohong

Cowo pembohong
A: aku suka sama kamu
B: kenapa kamu suka saya?
A: karena kamu baik hati dan tidak sombong
(cewe nya masih mikir2)

Cowo jujur
A: aku suka sama kamu
B: kenapa kamu suka saya?
A: karena b**h d**a kamu besar
(cewe nya langsung kabur)

Wednesday, January 19, 2011

lirik lagu Sepedaku Sahabatku Oristrio



Sepedaku Sahabatku by Oristrio

Banu Adikara: Vocals, Guitars
Rayner Ferdinand: Bass
Topaz Aditia: Guitars, Background Vocals

sejuknya udara jelang sinar mentari
seolah berkata selamat pagi
semesta berbunga semerbak mewangi
burung seirama nyanyikan lestari

di balik jendela menatap langit biru
kakiku melangkah senyum berseri
dari balik pintu sahabat menanti
setia temani kemanapun aku
pergi tuk mencari jalan sanubari

kayuh ikuti laju sepedaku
menantang angin asap dan debu
roda berpacu berlomba dengan waktu
peluh mengalir tanpa polusi

[instrumental]

kayuh ikuti laju sepedaku
menantang angin asap dan debu
roda berpacu berlomba dengan waktu
peluh mengalir tanpa polusi

ku lihat dunia dari atas sepeda
sisakan ironi tersentuh hati
saksikan bumiku menangis tersedu
namun manusia tak pernah peduli
tak pernah peduli
bumi ku menangis

kayuh ikuti laju sepedaku
menantang angin asap dan debu
roda berpacu berlomba dengan waktu
peluh mengalir tanpa polusi

kayuh ikuti laju sepedaku
menantang angin asap dan debu
roda berpacu berlomba dengan waktu
peluh mengalir tanpa polusiiiiiiii

kayuh ikuti laju sepedaku
menantang angin asap dan debu
roda berpacu berlomba dengan waktu
peluh mengalir sejernih air

sahabat alam tak kenal emisi
siang dan malam tanpa polusi
roda berpacu berlomba dengan waktu
peluh mengalir tanpa polusiii

(sejuknya udara jelang sinar mendari, seolah berkata...)

Tuesday, January 18, 2011

TableHash

http://dl.dropbox.com/u/2132696/KambingClassPath/TableHash.java

ah iseng bener gw bikin library sendiri dulu buat ginian doang

TableHash th = new TableHash();
        th.put("aku", "8", 3l);
        th.put("aku", "8s", 3l);
        th.put("aku", "8d", 3l);
        th.put("aku", "8s", 3l);
        th.put("aku", "8z", 3l);
        th.put("dia", "8", 3l);
       
        String a1[]  = {"aku", "dia"};
        String a2[]  = {"8", "8s", "8d"};
        th.generateTable(a1,a2);



gw posting ini bukan biar ada yg paham, tapi buat dokumentasi gw aja.

Monday, January 17, 2011

superior

adakah seseorang yang superior dari gw? yang setiap aspek dari hidupnya selalu lebih baik dari gw? maksud gw adalah dari sisi apapun, kreatifitas, keimanan, prestasi, gaya hidup, kepribadian, dan lain sebagainya.

mari kita anggap 1 orang adalah A dan superior(A) adalah orang yang merupakan superior dari A, sebut saja s(A)

misalnya suatu hari A mulai belajar main bola, maka s(A) akan mulai belajar main bola sehingga akhirnya jadi lebih jago dari A, lalu si A belajar ngaji maka s(A) akan belajar juga tajwid sehingga akhirnya jadi jago. selain mengikuti seperti itu, si s(A) pun kadang-kadang mempelajari skill yang tidak dipunyai si A.

pada akhirnya si A merasa hidupnya tidak ada artinya lagi, setiap lomba yang dia ikuti pasti selalu kalah dengan si s(A). setiap karya yang dibuat oleh A maka s(A) pun telah membuat yang lebih dahsyat lagi.

lalu si A mulai belajar hal yang dianggap kurang penting di dunia ini, seperti mempelajari bagaimana cara menumbuhkan kacang hijau di halaman belakang rumah. s(A) menganggap kegiatan itu sama sekali tidak penting dan akhirnya kemampuan A dalam menanan kacang hijau menjadi lebih hebat dari s(A).

mulailah saat itu si A menyadari, bahwa bagaimanapun seseorang terlihat lebih hebat dari dia, ada saja kelebihan yang dia miliki yang tidak dimiliki oleh orang lain, tapi lalu si A berfikir, wah jangan2 hal-hal dimana A lebih hebat dari s(A) hanyalah hal-hal yang tidak penting.

himpunan kemampuan yang dimiliki A adalah K(A), dan himpunan kemampuan yg dimiliki s(A) adalah K(s(A)), maka K(A) - K(s(A)) = TP

dimana TP adalah subset dari hal-hal yang tidak penting di dunia ini.

setelah perenungan panjang, si A mendapati bahwa pendefinisian TP menjadi hal yang tidak penting hanyalah dilakukan oleh si s(A).

(pengen nulis qed, tapi kok ga kuat ya)

Thursday, January 13, 2011

matematika ekonomi

ceritanya gw sok-sokan ikutan mendaftar untuk jadi tutor universitas terbuka di korea, lumayan lah kalo diterima minimal bisa ke seoul 2 minggu sekali gratis. list mata kuliah yang bisa di ambil adalah:

Bahasa Inggris:
1. Reading 1
2. Writing 1
3. Structure 1
4. Pendidikan Agama
5. Bahasa Inggris 1
6. Bahasa Indonesia

Manajemen:
1. Matematika Ekonomi
2. Pengantar Bisnis
3. Pendidikan Agama
4. Pengantar Ekonomi Makro
5. Bahasa Indonesia
6. Manajemen

Komunikasi:
1. Pengantar Sosiologi
2. Ilmu Sosial dan Budaya
3. Pendidikan Agama
4. Pengantar Ilmu Politik
5. Bahasa Indonesia
6. Bahasa Inggris 1
7. Kewarganegaraan


yak, cuma segitu mata kuliah yang tersedia, dan yang ada kata matematika nya cuma ada 1, dan itupun disandingkan dengan kata ekonomi, ga mungkin juga saya ngajar pendidikan agama, secara skill agama saya masih pas-pasan, jadi akhirnya saya memutuskan untuk mencoba mendaftar untuk kelas Matematika Ekonomi.

Setelah mengirimkan surat kesediaan baru deh saya mulai mencari-cari bahan untuk belajar tentang matematika ekonomi, coba ke opencourseware dari tiap-tiap universitas terkenal di indonesia, ocw.ui.ac.id, ocw.gunadarma.ac.id, ocw.usu.ac.id dan ocw ocw lainnya. tetap tidak ketemu itu mata kuliah,

lalu saya coba scele nya UI tidak ketemu juga, e-learningnya FE UI (tidak punya akses).

akhirnya setelah pencarian di google, saya dapat ini http://hariswibi.byethost13.com/?page_id=15

berisi silabus dari matematika ekonomi, ya paling engga ini bisa memberi gambaran tentang apa itu matematika ekonomi.

saya coba buka bank soalnya:

1. a. Tentukan persamaan garis yang melewati titik (2,0) dan tegak lurus dengan garis x + 2 y = 7 !
b. Tentukan titik potong kedua garis tersebut !
c. Gambarkan dua garis tersebut pada sumbu silang !


wah sepertinya ini soal matematika biasa
lanjut ke bawah terus saya dapat:

KESEIMBANGAN PASAR
1. Permintaan barang Y pada suatu pasar sebanyak 170 unit pada saat harga sebesar
Rp.10,- dan sebanyak 120 unit pada saat harga Rp. 20,-. Sedangkan
penawarannya sebanyak 100 unit pada saat harga Rp 40,- dan 40 unit pada saat
harga Rp 20,-.
Tentukan :
a. Fungsi permintaan !
b. Fungsi penawaran !
c. Keseimbangan harga dan kuantitas untuk pasar barang Y !
d. Jika thd barang tersebut pemerintah mengenakan pajak sebesar Rp 10 per unit,
tentukan keseimbangan pasar yang baru !

mulai deh ada istilah-istilah ekonomi yang rada ga familiar, tapi dengan berfikir sedikit sepertinya saya bisa mentransformasi soal ini menjadi persoalan matematika sederhana.

lanjoot

ANALISIS IMPAS
1. Amir merencanakan mendirikan tempat penitipan sepeda motor di dekat terminal.
Harga sewa tanah dan bangunan per bulan sebesar Rp 400.000,00. Tanah dan
bangunan itu diperkirakan dapat menampung sepeda motor sebanyak 200 unit
Untuk menjaga sepeda motor, Amir mempekerjakan 4 orang karyawan secara
bergantian yang digaji sebesar Rp 200.000,00 sebulan. Selain gaji tetap, karyawan-karyawan tersebut memperoleh insentip yang besarnya Rp 100,- per orang untuk
setiap sepeda motor yang masuk ke tempat penitipan tersebut. Tarif yang dikenakan
kepada setiap pelanggan sebesar Rp 1.000,00 per hari.
Tentukan :
a. Besarnya Biaya Tetap (FC), Biaya Variable / unit (VC/unit), persamaan Biaya
Totalnya (TC) per bulan dan persamaan Penerimaan Totalnya (TR) !
b. Titik Impas penitipan sepeda motor tersebut, baik dalam rupiah maupun dalam
unit !.
c. Berapa laba yang diterima Amir jika sepeda motor yang masuk penitipan
sebanyak 4.500 unit dalam satu bulan !


yah, soalnya sih keliatannya susah karena ada banyak istilah-istilah ekonomi yang kurang familiar di kepala saya, tapi lebih kurangnya masih bisa lah dipecahkan.

terus lagi


PENERAPAN BARISAN DAN DERET
1. Uang sebanyak Rp 4.000.000,00 di tabung di bank dengan tingkat bunga 8% per tahun. Tentukan besarnya tabungan tersebut setelah 5 tahun jika bunga dibayarkan per tahun !


yak, sepertinya saya masih bisa lah.
dan juga sepertinya saya tidak salah pilih mata kuliah.

yak sepertinya segitu saja dulu pelajaran hari ini tentang matematika ekonomi, bagi anda-anda pembaca blog saya yang bisa memecahkan soal-soal di postingan ini silahkan di tulis jawabannnya di komentar :P

Tuesday, January 11, 2011

sedingin salju

http://www.youtube.com/watch?v=_3TXjbjwQU4

di pagi hari selesai sarapan saya menyempatkan diri bernostalgia dengan lagu-lagu lama. judulnya adalah sedingin salju, karangan rhoma irama yang dinyanyikan oleh evie tamala.

entah dari mana rhoma irama mendapat inspirasi, padahal indonesia adalah negara tropis yang hanya memiliki 2 musim.

lagu ini bercerita tentang seorang wanita yang merasa bahwa kekasihnya tidak lagi menaruh perhatian dan selalu bersikap dingin. si wanita bertanya-tanya adakah salah saya di mata kekasihnya, ataukah kekasihnya telah jemu dengan kasih dan sayangnya wanita tersebut.

pada akhirnya sang wanita rela melepaskan kekasihnya karena dia pun tak mau jika ada hubungan yang dipaksakan.

--lyris--
pandangan matamu tiada mesra lagi
belaian tanganmu tiada lembut lagi
kehangatan cinta dari mu oh sayang
tak lagi kurasa

mengapa sikapmu tak seperti dulu
dinginnya sikapmu oh sedingin salju

apakah ada salahku
yang menyakiti hatimu
ataukah kau telah jemu
dengan kasih dan sayangku
kalau demikian baik kau lepaskan
aku pun tak mau kalau kau paksakan

pandangan matamu tiada mesra lagi
belaian tanganmu tiada lembut lagi

apakah ada salahku
yang menyakiti hatimu
ataukah kau telah jemu
dengan kasih dan sayangku
kalau demikian baik kau lepaskan
aku pun tak mau kalau kau paksakan

pandangan matamu tiada mesra lagi
belaian tanganmu tiada lembut lagi

tanpa sepatahpun
kata kau ucapkan
sebagai alasan
membuat diriku tak pecaya lagi
kepada semua rayu laki-laki
--end lyric--


* lirik lagu di blog ini di ketik dengan sangat hati-hati untuk menciptakan lirik lagu berkualitas