Monday, January 17, 2011

superior

adakah seseorang yang superior dari gw? yang setiap aspek dari hidupnya selalu lebih baik dari gw? maksud gw adalah dari sisi apapun, kreatifitas, keimanan, prestasi, gaya hidup, kepribadian, dan lain sebagainya.

mari kita anggap 1 orang adalah A dan superior(A) adalah orang yang merupakan superior dari A, sebut saja s(A)

misalnya suatu hari A mulai belajar main bola, maka s(A) akan mulai belajar main bola sehingga akhirnya jadi lebih jago dari A, lalu si A belajar ngaji maka s(A) akan belajar juga tajwid sehingga akhirnya jadi jago. selain mengikuti seperti itu, si s(A) pun kadang-kadang mempelajari skill yang tidak dipunyai si A.

pada akhirnya si A merasa hidupnya tidak ada artinya lagi, setiap lomba yang dia ikuti pasti selalu kalah dengan si s(A). setiap karya yang dibuat oleh A maka s(A) pun telah membuat yang lebih dahsyat lagi.

lalu si A mulai belajar hal yang dianggap kurang penting di dunia ini, seperti mempelajari bagaimana cara menumbuhkan kacang hijau di halaman belakang rumah. s(A) menganggap kegiatan itu sama sekali tidak penting dan akhirnya kemampuan A dalam menanan kacang hijau menjadi lebih hebat dari s(A).

mulailah saat itu si A menyadari, bahwa bagaimanapun seseorang terlihat lebih hebat dari dia, ada saja kelebihan yang dia miliki yang tidak dimiliki oleh orang lain, tapi lalu si A berfikir, wah jangan2 hal-hal dimana A lebih hebat dari s(A) hanyalah hal-hal yang tidak penting.

himpunan kemampuan yang dimiliki A adalah K(A), dan himpunan kemampuan yg dimiliki s(A) adalah K(s(A)), maka K(A) - K(s(A)) = TP

dimana TP adalah subset dari hal-hal yang tidak penting di dunia ini.

setelah perenungan panjang, si A mendapati bahwa pendefinisian TP menjadi hal yang tidak penting hanyalah dilakukan oleh si s(A).

(pengen nulis qed, tapi kok ga kuat ya)

1 comment: