Thursday, December 02, 2010

Jenis-jenis lomba/kompetisi yang pernah saya ikuti

Taman kanak-kanak
Dulu saya bersekolah taman kanak-kanak di TK Islam Darul Hikmah, pernah ikut lomba-lomba seperti lari estafet dan juga lomba ngelukis atau menggambar, gini-gini dulu saya pernah jadi juara 2 lomba lukis lho :P walaupun sepertinya sekarang saya tidak bisa menggambar sama sekali dan tulisan saya seperti ceker ayam

Sekolah Dasar
Saya bersekolah dasar di Madrasah Ibtidaiyah Unwanul Huda, tidak ada lomba apapun yang saya ingat pernah saya ikuti sewaktu saya bersekolah disini, mungkin nuansa-nuansa kompetisi belum ada saat itu, jadi tiap hari belajar ilmu-ilmu fiqih, aqidah akhlaq dan bahasa arab :P

Sekolah Menengah Pertama
Saya bersekolah smp di SLTP (sekolah lanjutan tingkat pertama) 124, biasa disingkat serdoem (seratus doea empat), nah di sini saya sering sekali mewakili sekolah saya untuk kompetisi matematika, dan juga terkadang kompetisi fisika juga bahasa inggris. di bidang matematika sepertinya saya paling banyak hanya sampai tahap menjadi finalis, dan saya tidak pernah menang di final, mungkin karena kurang latihan, ya pokoknya senang deh bisa mewakili sekolah saya waktu itu, sering dilatih juga sama guru-guru saya, dan akhirnya saya jadi terkenal dikalangan guru untuk urusan matematika dan sebagainya.

SMA
Saya bersekolah sma di SMU (sekolah menengah umum) 28 jakarta, mirip-mirip di smp, saya sering ikutan lomba matematika, prestasi puncak saya adalah ketika saya jadi wakil jakarta untuk mengikuti olimpiade sains nasional di balikpapan tahun 2003, yah gitu deh di sana saya tidak berhasil dapat medali, tapi pengalaman naik pesawat pertama kali itu sangat menyenangkan dan tidak bisa terlupakan, terlebih naik pesawatnya gratis hehehe. oh iya, saya dulu waktu sma ikutan teater juga lho, namanya teater DIMENSI, waktu itu diajarin sama bang Umar Nadi, dengan ketuanya adalah Aris Setiawan, pernah dapat juara harapan 2 dan juga pernah jadi juara 2 lho di teater ini. Oh iya, saya pernah ikutan lomba abang none sekolah, huehehehe, mewakili kelas saya, saya masuk final dan jadi 4 besar, yah lumayan lah. none saya waktu itu kemana ya sekarang? hehehehe.

KULIAH S1
Kuliah di Universitas Indonesia, membuat saya merasa hidup di dunia baru yang lain sama sekali dengan dunia pendidikan yang saya jalani, cara belajarnya lain, cara pengajar bersikap ke kita lain, dan lain sebagainya. Lomba lomba yang pernah saya ikuti kebanyakan adalah lomba programming yang mirip-mirip ACM ICPC, diantara lomba-lomba tersebut adalah: Internet problem solving contest pada tahun 2005, saya ikut ini dengan nama tim KAMBING, dan dapat peringkat 248, jauh juga ya heueheheh, ya lumayan lah bisa solve beberapa soal, tahun-tahun berikutnya juga saya ikut lomba ini tapi sepertinya hasilnya mirip2, nanti saya rekap lagi.

terus saya ikutan lomba imagine cup yaitu project hoshimi, tapi sampai akhir-akhir masih ga jago-jago dan akhirnya ga dapet juara apa-apa. oh iya, saya belum pernah ikutan PKM (program kreatifitas mahasiswa) padahal saya 2 kali ikutan pimnas, semua yang saya ikuti adalah kegiatan tambahan. pernah ikutan IT Within yg dibikin sama ITB, tapi ga menang, pernah kirim proposal IWIC tapi ga dapet2, padahal saya dapat beasiswa indosat waktu itu, tapi kok lomba yg diselenggarakan indosat saya ga dapet ya? hahaha ya ga ada hubungannya lah. oh iya saya pernah ikutan Internal Problem solving contest yaitu kontes pemrograman internal di Fasilkom UI, dan waktu itu saya satu tim sama suharjono, dapat juara harapan kalo ga salah, waktu itu cuma bisa ngesolve 2 soal dari 5 atau 6 gitu. lupa juga, hadiahnya kalo ga salah Rp 100.000 deh, itu duit saya bagi dua deh dengan rekan saya. pernah ikut BNPCCS nya binus tapi tidak lolos di babak penyisihan, yah mau jadi apa saya, hahahaha, terus ikut INC nya binus lolos babak penyisihan dan kalau tidak salah ingat di final kita bisa dapat peringkat 15, solve 3 soal (dikirimin 3 balon sama petugas) dan jadi yang terbaik dari UI, dan dapat honorable mention. pas lomba itu makanannya enak-enak kok mantap lah, tim saya waktu itu adalah Deni L H, dan Franky.

Dan tidak boleh dilupakan, selama di UI saya gini gini gabung tim robot lho, waktu itu masih jadi kacung dan ketemu senior-senior yang keren-keren lah, orang orang kayak aristo, iang, arnold, jepri, eka, bondan, ridho, galih dan banyak lagi yang lainnya. setelah saya bukan kacung lagi saya jadi manager bidang kecerdasan buatan, dan akhirnya beneran bikin program untuk robot, selama gabung dengan tim robot ui, tim robot ui pernah jadi juara 2 nasional , dan juga pernah dapat best performance.

And, di akhir-akhir masa kuliah saya, saya ikutan pimnas diajakin sama Deni L H, so kita jadi satu tim gitu deh, berangkat ke lampung, untuk ikutan lomba pemrograman, bahasanya c++ dan saya sih ikutin aja lombanya waktu itu, tapi ternyata eh ternyata kita akhirnya dapat juara 1. thk untuk support nya dari yang selalu menemani saya waktu itu cyn.

Wah jangan lupakan 1 lagi. saya ikutan pimnas terakhir saya di Semarang, waktu itu keadaanya saya sedang mengerjakan tugas akhir, dan tiba-tiba saya melihat ada pengumuman bahwa ada lowongan lomba di pimnas semarang, so saya beranikan diri datang ke pak ari untuk bilang bahwa saya mau ikutan dengan konsep ini itu bla bla bla, dia bilang bagus dan akhirnya saya sempurnakan programnya (sebelumnya udah ada), setelah jadi lalu saya dokumentasinya dan hancur lebur, akhirnya minta bantuan dari cyn untuk 'menyempurnakan', karena harus lab meeting waktu itu jadi saya berangkat ke semarangnya telat dan tidak ikut rombongan, jadi saya akhirnya memberanikan diri naik pesawat sendirian ke semarang. ya intinya di sana saya dapat juara 2, yeah, dan gara-gara ini, walaupun saya tidak cumlaud tapi nama saya tetap disebut di balairung saat saya wisuda, tapi sayangnya salah sebut, dibilangnya juara 3 :( gpp lah, yg penting ortu saya bisa denger anaknya di kampus ga cuma main-main aja, tapi belajar dan giat bekerja :P

so, gitu deh, kira-kira pengalaman lomba saya dari mulai TK sampai Kuliah S1.

nah sekarang saya udah kuliah S2 di korea, disini ada lomba blog untuk mempromosikan korea, namanya WSK, sayangnya saya bahkan ga lolos di tahap pendaftaran :p mungkin karena blog saya isinya kurang lebih sampah semua. apa mungkin termasuk tulisan ini ?(hahaha).

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. wuihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    gimana kalo mempromosikan indonesia, dji? :P

    ReplyDelete
  3. wew.. ternyata pengalaman ikut lomba lu banyak juga.. salut :)

    ReplyDelete