Thursday, December 30, 2010

Resep 야채전

Sumber: Widita

Resepnya:

Bahan Isi:
Daun bawang
Wortel
Timun
Jamur (gw pake jamur tiram ama jamur enoki)
Cabe merah (dibuang bijinya)
Bawang bombay

Klo ada sayuran laen/kimchi/seafood pake aja

Bahan tepung
200 gr Tepung terigu
½ sdt Baking powder
1 telur
Garam secukupnya (sesuai selera)
Air secukupnya

Bumbu halus:
3 siung bawang putih,
4 siung bawang merah
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Gula pasir secukupnya
¼ sdt Ketumbar,
1 butir Kemiri
Royco/masako (optional)

Cara buat:
1.Haluskan semua bumbu2 halus (klo gw pake blender..)

2.Potong-potong daun bawang, wortel, timur, jamur, cabe merah, bawang bombay… sesuai selera.. yang penting potongannya simetris.. hahha..

3.Lalu tumis bumbu halus sampe harum, terus masukin potongan2 sayuran.. tumis hingga wortelnya sedikit matang terus bumbunya tercampur rata.. (klo merasa kurang asin/bumbu tinggal tambahain aja garam)

4.Untuk bikin adonan tepungnya… Kocok telur dgn baking soda, hingga mengembang sedikit…

5.Siapkan tepung terigu, lalu di campur ama telur, campur rata… lalu tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk hingga merata… jangan terlalu kentel, juga jangan terlalu encer.. sedang2 aja (klo gw pake feeling…), lalu masukan garam sesuai selera kedlm adonan tepung.

6.Ambil tumisan sayur2an lalu campur semuanya ke dalam adonan tepung.

7.Tuangkan minyak ke dalam penggorengan ceper , panaskan terlebih dahulu. Setelah panas tuangkan Adonan Kedalam Penggorengan, bentuk sesuai dgn penggorenan bulat, lalu pipihkan… Masak di api yang medium-low heat . Klo yang bawah udh matang (jangan ampe gosong) dibalik, terus masak yang sisi satu lagi.

8. Udah jadi deh… hheheh..

Basically, gampang bikinnya..gw aja ini pertama kali bikin.. bikin ini tuh mirip bikin bakwan.. awalnya gw bikin bakwan dari resep ini.. tapi ber hubung masih ada sisa adonan dari bakwan.. ya udh gw bikin aja panjeon dari adonan sisa… Hahah…

Selamat mencoba…

btw, untuk takaran garam/gula/merica biasanya gw pake feeling gak ada takaran yang pasti

No comments:

Post a Comment