Monday, November 22, 2010

wudhu dan sholat

room mate saya pernah bilang:

"I don't believe in wudhu"

ternyata setelah saya konfirmasi yang dia maksud adalah

"I don't believe in voodoo"

whhwhww, cukup dulu pembukaannya.

ok, 1 pertanyaan, mana yang lebih baik:

1. sholat tanpa wudhu
2. wudhu tanpa sholat

sholat tanpa wudhu tentu saja tidak sah (diluar kasus tayamum ya). dan wudhu tanpa sholat sepertinya tidak masalah.

tapi kenapa kita harus terpaku pada pulihan-pilihan itu?? jawaban yang paling bijak menurut saya adalah kita wudhu lalu kita sholat.

ayah saya berpesan agar selama saya di korea selalu menjaga wudhu, yup perkara simpel tapi tantangannya sangat berat, karena waktu di indonesia yang suhunya selalu hangat sepanjang tahun saja saya sangat sulit menjaga wudhu, apalagi di korea yang suhunya naik turun.

ini saya kutip dari [0]
Tsauban berkata, Rasulullah Saw bersabda : Perbaikilah wudhumu, bergegaslah kalian berwudhu,dan ketahuilah(sadarlah) dan pilihlah yang baik, dan hendaknya kamu semua mengetahui sesungguhnya amalan-amalanmu yang paling baik adalah shalat, dan tiada akan bisa menjaga wudhu kecuali orang beriman (Hadits shahih lighoirih)

Abi Hurairah berkata sesungguhnya Nabi Muhammad Saw bersabda (berkata) kepada Bilal ketika shalat fajar (subuh) "Wahai bilal ceritakanlah kepadaku amalan yang sudah kamu kerjakan dan paling kamu harapkan di dalam Islam karena sesungguhnya Aku mendengar suara berjalannya kedua sandalmu di depan syurga" Bilal berkata : saya tidak mengerjakan amalan apapun yang saya harapkan kecuali saya tidak melaksanakan bersuci di waktu malam atau siang kecuali saya shalat di saat suci tersebut yakni shalat yang difardukan kepadaku.

[0] http://www.ppalhakam.co.cc/2009/12/keutamaan-menjaga-wudhu.html

No comments:

Post a Comment