Tuesday, May 31, 2011

barang-barang

Ini adalah pemodelan sederhana dari dunia nyata.

Perkenalkan dulu tokoh2nya, A, B dan I.

A suka membeli barang-barang baru,
B suka membeli barang-barang second,

I adalah perusahaan yang mengeluarkan produk baru P setiap tahun. dengan harga P yang sama atau hampir sama dengan tahun sebelumnya, hanya saja modelnya lebih baru dan lebih canggih.

Pada tahun 1, A membeli P1 seharga X
pada tahun 2, A menjual P1 ke B seharga X/2, lalu membeli P2 seharga X
pada tahun 3, A menjual P2 ke B seharga X/2, lalu membeli P3 seharga X

dan begitu seterusnya.

Setiap tahun A mengeluarkan uang sebanyak X/2 kecuali di tahun pertamanya (X)
Setiap tahun B mengeluarkan uang sebanyak X/2 kecuali di tahun pertamanya (0)

pada tahun ke T A mengeluarkan uang sebanyak X+(T-1)*X/2
pada tahun ke T B mengeluarkan uang sebanyak 0+(T-1)*X/2

perbedaan uang pengeluaran dari A dan B hanyalah X, tetapi A selalu mendapatkan barang yang up to date, sedangkan B mendapat barang yang kurang up to date.

5 comments:

  1. lah bukanya si A selalu beli harga X dan si B selalu membeli dengan harga stgah dr harga yg dibeli si A which is x/2?? knp lo bs bilang s A beli harga x/2 jg?
    Mestinya harga barang second yg sudah punya depreciation value harus lebih murh dr barang baru..kecuali ada asymmetric information dmana si pembeli brg second g tw harga pasar sehingga dy bs dpt harga yg sama dgn harga baru dan sebaliknya

    ReplyDelete
  2. Karena si A menjual dulu barang seharga X/2, jadi kan dia dapat duit sebanyak X/2.

    dengan duit itu dia bisa beli barang baru secara setengah harga

    ReplyDelete
  3. aaah arassoyo..tp kalo si A ud memakai barangnya dulu dan dy jual harga dengan harga stengah dr harga initialnya itu wajar..karena kan barangnya ud dipake (ada depresiasi). Kalo konsep yg lo maksud barang bekas atau 2nd itu g bs diliat dr nilai uangnya,. karena si A sudah mendapatkan manfaat dr barang tesebut tarlah initial value P1= X ketika si a pake maka valuenya akan berkurang sebanyak 1 sehingga P1=X-1 nah makanya harga barang 2nd pasti akan lebih murah dr hharga initialnya (nilainya berkurang--> Pricenya turun) dan si A g akan rugi karena dy sudah mendapatkan manfaat dr barang tersebut.

    ReplyDelete
  4. yep, justru dalam postingan ini gw mau ngasih catatan, bahwa si A dan si B walaupun cuma selisih X uang dalam pengeluaran, tapi si A selalu mendapat barang baru, sementara si B selalu mendapat barang second.

    ReplyDelete
  5. betul jika barang si B setiap tahun langsung rusak atau dibuang. jika si B ternyata menjual ke tokoh baru C maka harga si B mendapatkan barang bekas dari si A tentu < x/2.

    ReplyDelete