Friday, January 15, 2010

swap rule dalam permainan

misalkan ada 2 orang ingin membagi 2 sebuah pie. dan hanya salah satu orang yang diizinkan untuk memotong kue tersebut, bagaimana caranya agar kedua orang tersebut mendapat pie yang sama besarnya?

caranya adalah dengan mengizinkan orang yang tidak memotong untuk memilih bagian mana yang diinginkan. hal ini akan membuat orang yang memotong kue akan berusaha untuk seadil-adilnya dalam memotong. karena kalau dia memotong tidak adil tentu orang kedua yang akan memilih pie yang lebih besar.

hal ini dapat diterapkan pada permainan dimana pemain yang melangkah lebih dahulu sangat diuntungkan. jadi cara kerjanya adalah pemain pertama melangkah lalu pemain kedua diberi pilihan apakah ingin bertukar sisi (swap) atau tidak.

hal ini akan menyebabkan pemain pertama tidak melangkah ke tempat yang tidak terlalu bagus dan juga tidak terlalu jelek untuk dia (seimbang).

3 comments:

  1. i cut you choose

    http://www.boardgamegeek.com/boardgame/37371/piece-o-cake

    ReplyDelete
  2. Lebih adil/tepat dengan menggunakan digital weighing machine sesudah dipotong dua mas Arfan! Logikanya dengan berat/volume yang hampir sempurna tapi tetap aja tak bisa sempurna 100%...
    -RIQ

    ReplyDelete
  3. alloooowww mas arfan..
    sy mau mnta tlong, sy lg tugas akhir untuk membuat kamus hp menggunakan netbeans..
    skrang sy sedang mengalami kendala dalam hal koneksi databaseny.
    tlong beritahu sy gmana carany
    thanks a lot

    ReplyDelete